loader

Seminar Laporan Pendahuluan Penyusunan Profil dan Analisis Daerah Kab. Landak tahun 2022

Evaluasi
0 kali dilihat

Diposting Jumat, 18 Nov 2022


Senin (01/11/2022) Telah dilaksanakan Seminar Laporan Pendahuluan Penyusunan Profil dan Analisis Daerah Kab. Landak Tahun 2022. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya oleh Bidang Perencanaan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan. Penyusunan Profil dan Analisis Daerah (PrADa) bertujuan mendukung terwujudnya pengurangan kesenjangan atau ketimpangan pembangunan antar daerah melalui sinkronisasi perencanaan dan penanggaran pembangunan dalam satu kesatuan wilayah dan keterkaitan antar wilayah, antara pusat dan daerah, antar-kementerian/lembaga (k/l), antar-organisasi perangkat daerah (OPD) atau pemangku kepentingan, sesuai dengan kewenangannya, melalui pendekatan teknokratik.

Seminar ini dihadiri oleh seluruh OPD yang terdiri dari Kepala, Sekretaris, dan staf terkait di lingkungan Pemerintah Kab. Landak. Turut mengundang juga Instansi Vertikal seperti Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menjaring data statistik, serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menjaring data spasial terkait Pertanahan. Penyusunan Profil dan Analisis Daerah ini dibantu oleh Tim Ahli Perencanaan dari Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Kalimantan Barat. Hadir di ruangan yakni Zhuniart Ayu, S.T., dan Wili, S.PWK.

Secara umum, agenda kegiatan ini adalah tahap awal yang perlu melibatkan seluruh OPD (selain kecamatan) untuk mendapatkan data-data agar kajian Profil dan Analisis Daerah dapat menjadi dokumen yang valid guna melihat kesenjangan wilayah. Pada tahap seminar laporan pendahuluan, dipaparkan kebutuhan data yang diperlukan untuk Menyusun PRADA. Data ini memiliki format yang perlu diisi oleh OPD terkait yang selanjutnya menjadi bahan analisis.

Penyusunan Profil dan Analisis Daerah Kab. Landak tahun 2022 dihadiri oleh Kepala Bappeda yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Bappeda Kab. LAndak, Bapak Supermin, S.T. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya pengumpulan data yang valid untuk hasil dari penyusunan Profil dan Analisis Daerah Kab. Landak ini.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II Sekretaris Daerah Kab. Landak, Bapak Drs. Alexander, M.Si. “Dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah dibutuhkan program/kegiatan yang sesuai dengan isu atau permasalahan daerah untuk dapat mempercepat pengurangan kesenjangan pembangunan antarwilayah” ujar beliau. “Terjadinya ketimpangan antar wilayah yang berlarut-larut ini berimplikasi terhadap kesenjangan tingkat kesejahteraan masyarakat antar wilayah. Oleh karenanya langkah awal upaya dalam mengurangi terjadinya kesenjangan wilayah adalah dibutuhkan kajian secara mendalam dan komprehensif untuk masing-masing daerah, khususnya yang terkait dengan indikator utama pembangunan daerah baik melalui pendekatan THIS” lanjutnya

Sesi diskusi dipimpin oleh Yohanes Rahmad, S.T., selaku Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan. Diskusi diisi dengan kritik, saran, dan masukan oleh OPD baik mengenai pelaksanaan penyusunan maupun perbaikan lokasi keberadaan data-data. Sebagai bahan perbaikan dari penyusunan Profil dan Analisis Daerah 2021, maka PRADA tahun ini harus dilengkapi dengan program kegiatan yang mendukung kinerja OPD. Adapun saat Seminar Hasil nantinya akan mengundang Camat se-Kabupaten Landak sebagai pihak yang mengkoordinir kecamatan agar lebih mengetahui kondisi wilayahnya dan juga tindak lanjut atas program yang akan dirumuskan oleh Tim Ahli nantinya. 

0
0
  • Bagikan

Komentari Postingan

Login dengan Google untuk mulai berkomentar

Komentar

0
Belum ada komentar