loader

PJ BUPATI LANDAK MENGHADIRI KEGIATAN MUSRENBANG DI KECAMATAN NGABANG

Evaluasi
0 kali dilihat

Diposting Kamis, 28 Sep 2023

Pj Bupati Landak Samuel, SE, M.Si menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan tepatnya di kantor camat Kecamatan Ngabang pada hari Rabu (01/02/2022). Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda tahunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Landak dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintan Daerah (RKPD) Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan Musrenbang ini menjadi ajang kesempatan bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi serta usulan berkaitan dengan pembangunan di daerahnya masing-masing. Dalam sambutannya, Pj Bupati Landak meyakini bahwa rumusan usulan yang dibawa pada musrenbang ini betul-betul muncul dari aspirasi masyarakat.

“Semua usulan yang akan dibahas dalam forum ini hendaknya merupakan usulan yang benar-benar prioritas, muncul dan dibutuhkan oleh masyarakat disertai kelengkapan yang diperlukan, sehingga kegiatan musrenbang kecamatan tidak hanya bersifat seremonial belaka, hasilnya menjadi kurang maksimal, tidak aspiratif dan tidak terintegrasi sebagai perencanaan yang baik” ujar Samuel

Usulan yang telah disepakati masyarakat nantinya akan diinput dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) untuk selanjutnya akan diverifikasi/validasi tim BAPPEDA dan akan diteruskan dalam forum SKPD dan Musrenbang Kabupaten dengan mempertimbangkan anggaran yang ada.

“Aspirasi atau keinginan-keinginan masyarakat yang kita himpun dan akan kita diskusikan perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah maupun negara, dimana sumber pembiayaan kabupaten kita masih bertumpu pada dana alokasi pemerintah pusat baik dari dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), dana tugas pembantuan (TP), dana dekonsentrasi, dan dana-dana dari pemerintah pusat lainnya, serta masih sangat sedikit yang bersumber pada pendapatan asli daerah (PAD) yang seharusnya menjadi komponen utama sumber pembiayaan bagi daerah dalam era otonomi ini.” lanjut beliau

Selain kecamatan Ngabang, dihari yang sama murenbang juga diadakan di kecamatan Mempawah Hulu yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Landak Heri Saman, SH. MH. Agenda musrenbang kecamatan ini akan berlangsung di 13 kecamatan dengan jadwal yang sudah ditetapkan BAPPEDA dimana akan ditutup pada tanggal 15 Februari 2023 di kecamatan Sompak.

0
0
  • Bagikan

Komentari Postingan

Login dengan Google untuk mulai berkomentar

Komentar

0
Belum ada komentar